kewirausahaan sukses
10 KUNCI SUKSES SEORANG WIRAUSAHAWAN
Berikut ialah 10 kunci kualitas yang dibutuhkan pengusaha supaya sukses. Beberapa diantaranya barangkali telah kita miliki dalam jati diri Anda, sedangkan yang lainnya mesti terus menerus dikembangkan.

1. Pengetahuan khusus
Anda mesti mempunyai pengetahuan khusus berhubungan dengan bisnis yang bakal jalankan. Tanpa memahami seluk-beluk produk atau dinamika market tertentu, Anda menanam diri kita pada kegagalan. Kurangnya pengetahuan akan menciptakan keputusan yang buruk dan belajar dari kekeliruan yang mahal bukanlah urusan yang mudah untuk pengusaha. Ketika kita men-set bisnis, melulu ada satu kesempatan yang sempit – satu atau paling tidak sedikit dua tahun – dimana Anda mesti berhasil sebelum kita kehabisan sumber atau energi. Terlepas dari pengetahuan khusus, Anda pun harus mengetahui dasar lokasi dan perniagaan bisnis kita dengan cepat, mulai dari akun dan administrasi hingga marketing dan produksi.


2. Percaya diri
Meluncurkan bisnis baru ialah perjuangan dan tanpa keyakinan diri dan keterampilan untuk menyaksikan situasi, maka akan gampang hancur. Karyawan merefleksikan moral pengusaha dan andai mereka merasa kita tidak jujur atau tidak aman, mereka bakal menjadi gelisah dan tidak terdapat motivasi. Anda mesti belajar menyimpan ketakutan dan kegelisahan dalam hati dan merefkeksikannya secara personal. Dihadapan publik, Anda mesti menjadi tokoh yang tenang dan percaya diri.

3. Keuletan
Kemampuan untuk menyaksikan situasi ialah kualitas yang dipunyai pengusaha sukses. Orang yang demikian dapat bertahan dalam situasi bisnis yang tidak menentu dengan keteguhan dan keuletan. Kemauan yang powerful lebih dibutuhkan di tahap mula usaha, bahkan saat goncangan kecil terjadi dalam bisnis. Pengusaha mesti belajar guna bangkit dari kegagalan yang dihadapi.

4. Motivasi yang tepat
Mengapa Anda hendak memulai usaha kita ? Apakah semata-mata guna menghasilkan tidak sedikit uang sampai-sampai Anda dapat membeli kondominium? Apakah terdapat sesuatu yang lebih tinggi yang mendorong kita ? Pengusaha yang mempunyai motivasi lebih tinggi daripada nilai sebatas kaya ingin membangun bisnis yang dapat bertahan lama. Mereka di dorong oleh kemauan untuk membuat sesuatu yang berharga. Mereka menyerahkan benefit di lingkungannya dengan menyerahkan produk dan jasa yang menarik atau mengerjakan sesuatu dengan teknik yang lebih baik sehingga menyerahkan kesejahteraan untuk setiap orang. Tentu, mereka pun menjadi kaya secara signifikan, namun ini yang jarang dijadikan semangat utama.

5. Kreatifitas dan inovasi
Kreatifitas ialah kemampuan menyerahkan solusi menarik dari permasalahan. Pengusaha berhasil mengadopsi teknik solusi masalah yang kreatif guna menghadapi tantangan. Pemikiran kreatif dan inovatif yang demikian dibutuhkan di seluruh area, dari memenuhi kekosongan pasar, dan memvisualisasikan produk dengan sistem dan formalitas yang lebih tepat guna dan ongkos yang efektif. Terkadang, hanya dibutuhkan satu gagasan bagus guna mengubah tuah bisnis dan menerbitkan produk yang bagus.

6. Pandangan Strategik
Tidak terdapat pengusaha yang berhasil tanpa pandangan stratejik terhadap perubahan tidak sedikit hal. Langkah apa yang mesti dipungut dimasa datang? produk baru apa yang dikenalkan ? mestikah operasional dikonsolidasikan atau perluasan ? investasi duit atau membina modal cadangan ? apa tahapan kompetitor selanjutnya ? akankah terjadi penurunan hemat ? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu tergantung pada pandangan stratejik pengusaha. Pengusaha yang telah lama malang-melintang di dunia bisnis mempunyai pengalaman itu atau melulu dengan mengandalkan mempunyai peluang yang bagus guna sukses sebab mereka dapat merasakan kemana arah angin bertiup dan akan menunjukkan kemudi di arah angin.

7. Kepemimpinan
Seorang pengusaha mesti dapat menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan ialah kualitas yang menyerahkan panduan dan inspirasi untuk mereka yang menyaksikan ke arah Anda. Banyak orang yang beruntung tercetus dengan kualitas kepemimpinan. Untuk yang lain, merupakan kemampuan yang didapat dari banting tulang dan pengalaman. Bagaimanapun, tidak terdapat pengusaha sukses tanpa kualitas kepemimpinan guna memotivasi orang yang bekerja dengannya, dorong mereka untuk menyerahkan yang terbaik dan tentukan arah kemana mereka melangkah.

8. Menghilangkan ego
Pengusaha dengan ego yang tinggi tidak dapat menghargai pandangan orang beda kecuali pandangannya sendiri. Mereka gampang tersinggung dan orang yang berbakat akan kendala bekerja dengannya. Ini dapat menjadi pangkal masalah. Karyawan dengan tingkat self-respect dan intelegensi bakal meninggalkan organisasi atau berjuang low profile di lokasi kerja. Mereka yang ambisius akan menuliskan pada bos apa yang melulu ingin dia dengar. Pengusaha yang egois tidak dapat menilai karyawan berdasarakan kontribusinya pada perusahaan. Mereka bakal menilainya dari sudut pandang suka dan tidak suka. Pengusaha yang demikian bakal menjadi santapan kompetitor.

9. Kemampuan guna berbelok
Fleksibilitas dalam berpikir ialah kualitas kunci untuk pengusaha. Mereka mesti dapat merubah pandangan dan strategi menurut kondisi yang terjadi. Bagi melakukannya, ego butuh dihilangkan. Jika kita mempunyai sifat yang demikian, kita tidak bakal mengakui kekeliruan yang telah Anda bikin dan menampik untuk mempertanggungjawabkan keputusan Anda. Pengusaha yang egois terus menggelontorkan uang guna proyek yang tidak mempunyai harapan menyerahkan keuntungan. Salah satu misal yang sangat dikenal – yang masih diajarkan di sekolah bisnis – yang memiliki keterampilan untuk berbelok ialah Microsoft. Perusahaan ini tidak menghiraukan gejala Internet ketika mulai populer dipenjuru dunia. Setelah dua tahun mengabaikannya, Microsoft meninjau ulang posisinya dan “membelokkan perusahaan dalam sekejap.” Dalam mengerjakan perubahan, perusahaan berhadapan dengan teknologi baru, mengerjakan akuisisi, menerbitkan produk baru, dan sekarang berada di garis depan revolusi Internet. Semua ini tidak bakal pernah terjadi andai manajer puncak tidak luwes dalam mengerjakan pendekatan dan lumayan rendah hati untuk menuliskan “Kami sudah melakukan kekeliruan dalam urusan ini .”

10. Etika
Etika ialah faktor terbesar yang didengar prospek terhadap perusahaan guna jangka panjang. Rekan – suplier, konsumen, karyawan, bankir, pemegang saham – tidak suka bersangkutan dengan pengusaha yang tidak jujur. Mereka akan susah menghilangkan sakit hatinya dan mesti tidak jarang kali waspada. Kejujuran dan etika ialah benih keyakinan dan saat orang beda mulai meyakini Anda, tidak sedikit pintu yang bakal terbuka.