Jenis-Jenis Busi Dan Fungsinya

kursusmengemudimajalengka
Jenis-Jenis Busi Dan Fungsinya
Salah satu piranti urgen dalam sepeda motor ialah busi. Busi adalahsalah satu unsur dari suatu sistem pengapian motor yang bermanfaat untuk menghasilkan energi cipratan bunga api yang kemudian dipakai untuk membakar gabungan bahan bakar dan udara di dalam silinder pada akhir tahapan kompresi pada suatu siklus mesin.
kursusmengemudimajalengka
Pemakaian busi yang tepat pada mesin sepeda motor akan menyerahkan performa mesin yang lebih baik, walaupun dalam pemakaiannya anda tetap harus memperhatikan sejumlah faktor beda seperti situasi suhu lingkungan lokasi mesin atau sepeda motor berada. Untuk tersebut kenali lebih dulu jenis busi yang bakal Anda pakai sebelum membelinya :

kursusmengemudimajalengka

1. Busi standar, adalah busi bawaan motor dari pabrikan. Bahan ujung elektroda dari nikel dan diameter center electrode rata-rata 2,5 mm. Jarak pemakaian busi standar dapat sampai 20 ribu km, saat kondisi pembakaran normal dan tak diprovokasi oleh hal lain macam oli mesin dan konsumsi BBM yang berlebihan.
2. Busi Iridium, adalahjenis busi yang dapat dikatakan semi kompetisi, ramai diaplikasi tuner bikin mesin non standar. Ciri khasnya ujung elektroda tercipta dari nikel dan center electroda dari iridium alloy warna platinum buram. Diameter center electroda 0,6 mm – 0,8 mm. Umur busi berkisar 50 ribu sampai 70 ribu km. Jenis busi ini sesuai buat mesin motor besar diatas 150 cc.
3. Busi Platinum, adalahbusi yang tidak sedikit disuka kaum bikers pecinta touring lantaran kemampuannya. Ujung elektroda tercipta dari nikel dan center electrode dari platinum, sampai-sampai pengaruh panas ke metal platinum lebih kecil. Diameter center electrode 0,6 mm – 0,8 mm dan tidak boleh heran, saat umur busi dapat sampai 30 ribu km.
4. Busi Racing, cocok namanya busi ini didesain dan dipersiapkan dengan bahan yang tahan terhadap kompresi tinggi serta temperatur mesin yang tinggi dan dipersiapkan untuk dapat mengimbangi pemakaian full throttle dan deceleration. Busi racing tidak sama dengan busi Iridium. Diameter center electroda juga relatif kecil meruncing macam jarum. Umur busi relatif pendek antara 20 ribu km sampai 30 ribu km.
kursusmengemudimajalengka
5. Busi Resistor, jenis busi ini tidak jarang mengecoh konsumen, logo R latin dengan font miring tidak sedikit yang mengira dengan kata lain racing. Sebenarnya R itu dengan kata lain resistor. Busi ini digunakan untuk mengayomi perangkat elektronik digital, berupa speedometer dan lainnya. Maka busi sesuai sebagai perlindungan perlengkapan elektronik digital motor.
kursusmengemudimajalengka