kursusmengemudimajalengka
Nama Nama Komponen Pada Kompresor Udara



kursusmengemudimajalengka
Kompresor ialah peralatan yang bermanfaat untuk membuat udara bertekanan. Peralatan ini biasa dipakai di bengkel-bengkel otomotif guna memenuhi ban maupun untuk memancar guna mencuci komponen.
Kompresor terdiri dari sejumlah komponen:
1. Motor penggerak
Berfungsi guna menggerakkan kompresor, ada dua tipe yakni motor listrik dan motor gasoline / diesel
2. Sabuk dan pulley
Berfungsi guna meneruskan putaran dari motor penggerak mengarah ke kompresor udara
3. Engkol kompresor
Engkol pada kompresor bermanfaat untuk mengolah gerak putar dari motor penggerak menjadi gerak bolak balik pada torak. Engkol tercipta dari baja tempa yang difinish dengan mesin, engkol dipasang pada bantalan yang dilumasi dengan teknik sentrifugal atau dengan sistem cincin
4. Torak kompresor
Torak bermanfaat untuk mengisap dan mengurangi udara atau gas di dalam silinder, torak tercipta dari bahan paduan aluminium. Supaya tidak terjadi kebocoran antara torak dan silinder maka torak dilengkapi dengan cincin torak.
5. Batang torak
Batang torak berfungsiuntuk menghubungkan gerakan engkol ke torak melewati pena engkol dan pena torak, batang torak ini seringkali terbuat dari baja tempa dan difinish dengan mesin. Hubungan gerakan dari engkol ke torak dapat dilaksanakan secara langsung atau tidak langsung yaitu melewati kepala silang.
kursusmengemudimajalengka
6. Silinder
Silinder ialah tempat dimana torak bekerja mengisap dan mengurangi fluida yakni udara atau gas, silinder tercipta dari besi tuang dengan dindingnya yang diha],uskan, dipoles dengan mesin. Selama kompresorbekerja mengisap dan mengurangi fluida maka bakal terjadi panas, oleh karena tersebut silinder butuh didinginkan. Silinder bisa didinginkan dengan air atau dengan udara. Bagi silinder yang didinginkan dengan udara maka sekeliling bodi dari silinder pada unsur luar dilengkapi dengan sirip pendingin dengan maksud guna memperlancar eksodus panas, sementara untuk silinder yang didinginkan dengan air maka silinder tersebut diciptakan berongga yang mengandung dengan air yang bisa bersirkulasi, baik secara alam maupun dengan teknik sirkulasi paksa, yaitudengan pompa air pendingin.
7. Katup isap
berfungsi untuk menata pengisapan udara dari luar yang sebelumnya disaring terlebih dahulu oleh filter udara
8. Katup keluar
berfungsi untuk menata penekanan udara oleh torak mengarah ke ke tangki udara
9. Tangki udara
Berfungsi menampung udara bertekanan dari kompresor
10.Saluran udara keluar/kran udara
Mengatur aliran udara (buka dan tutup) mengarah ke ke air gun atau perlengkapan lain yang pengoperasiannya memanfaatkan udara bertekanan dari kompresor.
kursusmengemudimajalengka


-LN