kursusmengemudimajalengka


Cara Merawat Aki Motor Agar Awet Dan Tidak Mudah Soak, Rusak


Cara Merawat Aki Motor Agar Awet – Sebuah motor dapat melaju atau berlangsung karena sejumlah proses dari masing-masing komponen yang terdapat pada motor itu baik tersebut dari unsur mesin maupun unsur kelistrikannya. Dimana guna bagian mesin dikenadalikan oleh karburator dan part lainnya, sedangkan untuk unsur kelistirikannya di kendalikan oleh Aki. Komponen aki disini bermanfaat untuk menyuplai aliran listrik ke sekian banyak  komponen kelistrikan yang terdapat di dalam suatu motor laksana electric starter, lampu dan beda sebagainya.

Merawat Aki Motor Agar Awet

Memiliki faedah yang sangat lumayan penting, maka dari tersebut aki motor mesti tidak jarang kali di rawat agar tidak gampang rusak (soak).Mungkin diantara sobat pernah merasakan betapa susahnya ketika aki rusak lagipula saat mengerjakan perjalanan malam, karena lampu motor tidak bermanfaat secara normal. Apalagi guna motor matic, bilamana komponen akinya mengalami kehancuran pasti akan paling repot karena saat mengobarkan harus distandard 2 terlebih dahulu baru memakai kick starter. Bicara mengenai Merawat Aki Motor Agar Awet sebetulnya cukuplah mudah, ya dapat dikatakan tidak butuh skill khusus guna melakukannya.

Jenis Aki Motor

Sebagai pengetahuan ekstra saja, aki motor dipisahkan menjadi 2 macam yaitu aki basah dan aki kering. Disebut aki basah sebab pada aki jenis ini di dalamnya ada cairan berupa asam sulfat yang mana guna merawat aki basah ini mesti dilaksanakan secara rutin karena cairan sulfat yang terdapat di dalamnya mesti tetap terjaga agar arusnya dapat maksimal. Sementara guna aki kering yaitu aki yang berisi gel, yang mana gel itu sebagai pengganti cairan elektrolit. Bagi perawatannya, aki kering ini tidak butuh perawatan yang rutin karena aki ini bebas perawatan.aki kering dan aki basah

Cara Merawat Aki Motor Agar Awet

Kemudian guna Tips atau Cara Merawat Aki Motor Agar Awet ada sejumlah point yang mesti sobat perhatikan. Salah satunya yaitu menyimak pemakaian aksesoris yang menempel pada motor sobat, untuk memahami info lebih jelasnya silahkan pembahasannya dibawah ini.

Cara Merawat Aki Motor Agar Awet yang kesatu yakni selalu menyimak aksesoris yang dipakai pada motor sobat. Hindari pemakian aksesoris yang berlebihan terutama aksesoris yang bersangkutan dengan kelistrikan laksana lampu variasi atau juga tlakson variasi.


Jangan Memaksa Starter Elektrik


Cara Merawat Aki Motor Agar Awet yang kedua yakni tidak boleh menyalakan starter elektrik secara paksa, andai saat hendak menyalakan starter tetapi susah lebih baik tidak boleh dipaksakan terutama untuk motor yang memakai aki basah. Alternatifnya dapat menggunakan starter kick terlebih dahulu untuk mengobarkan motor.

Mengecek Terminal Aki

Selalu mengecek terminal aki pun salah satu teknik merawat aki motor supaya awet, selalu cek kedua terminal aki apakah terdapat yang bocor atau kekencangan baudnya. Sebab kebocoran aki sangat riskan untuk motor dan keselamatan pengendaranya.

Cek Kiproknya

Selain mengecek terminal aki, teknik merawat aki motor supaya awet yang selanjutnya yang dapat sobat kerjakan yaitu memeriksa situasi kiproknya. Seperti yang anda ketahui bahwa kiprok memiliki faedah sebagai regulator yang mengalirkan listrik de dalam air khususnya dibagian pengisian. Cara yang paling gampang untuk memahami kiprok masih bagus atau tidak yakni dengan menyaksikan lampu sein atau utama apakah masih redup atau tidak.

Cek Ketinggian Air

Bagi motor yang memakai aki basah, teknik merawat aki motor supaya awet yang dapat dilakukan yaitu tidak jarang kali memperhatikan elevasi cairan. Pastikan cairan pada aki tidak melibihi batas atas dan tidak boleh melebihi batas bawah. Jika cairan telah dibawah batas bawah, segera dilaksanakan penambahan cairan aki tanpa mesti melebihi batas atas.

Rutin Menyalakan Motor

Cara mengasuh aki motor supaya awet yang dapat sobat kerjakan yaitu selalu mengobarkan motor paling tidak setiap harinya. Hal ini guna menghindari sel sel yang terdapat pada aki tidak mati atau kering.