kursusmengemudimajalengka
Langkah Sederhana Merawat  Rantai Dan Gear Motor.


 Rantai roda adalahsalah satu komponen urgen di sepedamotor, sebab komponen ini bermanfaat untuk mengalirkan tenaga gerak dari mesin ke roda belakang sampai-sampai sepedamotor dapat bergerak atau melaju.

Karena itu, penting pun untuk mengerjakan perawatan rantai motor supaya usia pakainya jadi lebih lama dan mengurangi terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan seperti, rantai putus atau dapat juga lepas dari gir.

Berikut sejumlah langkah simpel perawatan rantai supaya rantai lebih tahan lama dan tahan lama.

Periksa jarak bebas (Freeplay) dari rantai roda.

Rantai roda yang terlampau kencang maupun tertalu kendur paling tidak dianjurkan, sebab dapat berdampak fatal. Jika rantai roda terlampau kencang dapat mengakibatkan rantai putus. Di samping itu, andai ukuran ketegangan rantai terlampau kencang getaran akan paling terasa di unsur footstep. Sebaliknya, andai rantai roda terlampau kendur maka akan memunculkan suara berlebih atau berisik.

Di samping itu, saat mengerjakan deselerasi atau perlambatan laju bakal terasa terdapat sendatan. Potensi beda yang dapat terjadi ialah rantai dapat lepas dari gir. Parahnya lagi, rantai yang lepas dari gir dapat bisa mengunci roda belakang sebab terjepit. Umumnya, jarak ketegangan rantai selama 3 cm – 5 cm.

Yang perlu diacuhkan saat mengerjakan penyetelan jarak bebas (Freeplay) ialah poros gir depan dan belakang mesti sejajar dan menyusun garis lurus. Untuk menemukan posisi ini, motor tidak boleh diposisikan berdiri dengan standar tengah, bila butuh dinaiki guna mendapatkan posisi gir yang lurus cocok dengan pemakaian. Posisi yang tidak segaris akan menciptakan jarak antar gir semakin pendek. Perbedaan dari jarak antar gir ini menciptakan kekencangan rantai berubah.

Berikan pelumasan pada rantai roda secara teratur.


Pelumas rantai roda sangat diwajibkan untuk meminimalisir gesekan mata rantai dengan gir dan menghilangkan bunyi gesekan yang seringkali timbul saat rantai dalam situasi kering dan kotor. Rantai roda yang kering dan kotor berpotensi mempercepat keausan. Gunakan pelumas khusus guna rantai roda (chain lube).

Pemberian pelumas pada rantai roda pun tidak boleh sembarangan, andai rantai roda kotor, cucilah terlebih dahulu memakai air sabun. Setelah tersebut baru diberi pelumas baik memakai pelumas eksklusif rantai roda (chain lube) atau oli baru dengan kekentalan SAE 80 atau SAE 90.

Gunakan suku cadang pribumi dan berbobot | berbobot | berkualitas saat penggantian rantai roda.

Meski diasuh dengan baik dan benar, pastinya rantai roda akan menjangkau usia masa pakainya. Secara visual urusan ini dapat disaksikan dengan runcingnya mata gir sepeda motor. Ciri lainnya, bilamana setelan roda telah mentok atau berakhir maka rantai roda sepeda motor kita telah saatnya guna di ganti dengan yang baru.